Aliey Faizal

'Isy Kariiman Aw Muth Syahiidan

HUJATAN TERHADAP HADITS NABI

Posted by Aliey Faizal pada 18 Juni 2012

VI. RASULLULLAH DAN HADITS
Kenapa kalian membunuh

para utusan Allah…?

HUJATAN TERHADAP HADITS NABI

 

Hadits dan riwayat kehidupan nabi yang notabene sebagai sumber hukum kedua dalam Islam setelah Al Quran tidak luput juga dari hujatan Dr. Robert Morey. Hadist didistorsi dan dimanipulasi agar umat Islam ragu menggunakan wasiat kedua dari Nabinya.

Dr. Robert Morey melihat hadits layaknya sebuah buku karangan Nabi Muhammad, sehingga menyayangkan bahwa dalam hadits tidak ada selayang pandang dari penulisnya, yaitu Nabi Saw.

Mengambil kesimpulan yang melenceng dari pernyataan para tokoh muslim tentang hadits. Seperti ungkapan penulis muslim Hammudullah Abdallah dalam Islam In Focus, yang dinukil Robert Morey sebagai berikut : “Semua pasal-pasal tentang iman…didasarkan pada, atau diturunkan dari ajaran-ajaran AI-qur’an dan Tradisi (Hadits) nabi Muhammad” (hal. 21). Berdasarkan pernyataan di atas ia menyimpulkan: “Jadi tidaklah mengherankan kalau bahan dalam Hadits dianggap oleh umat Muslim ortodoks setara kedudukan dan inspirasinya dengan Alqur’an”.22 Dalam hal ini ia menyimpulkan bahwa al-Qur’an dan hadits memiliki kedudukan yang sama.

  • Dalam sorotannya tentang hadits Robert Morey hanya menggunakan kitab sahih Bukhari saja. Katanya mengikuti pendapat Dr. Muhammad Muhsin Khan yang menerjemahkan hadits sahih bukhari -satu lagi kesimpulan yang aneh-. Namun ia setuju pendapat Dr. Muh. Muhsin Khan bahwa hadits adalah inspirasi kedua -sudah berlawanan dengan pendapat sebelumnya-.
  • Dalam upaya menyudutkan Hadits, Robert Morey  berusaha memanipulasi makna dari hadits-hadits yang ingin dibenturkan dengan sensitifitas masyarakat modern seperti masalah rasial dan hal-hal yang dianggap jijik. Oleh sebab itu hadits yang mencerminkan kehidupan pada 14 abad yang lalu dibaca dengan kaca mata modern. Masalah-masalah yang disorot adalah : 1. Perbudakan, 2. Masalah warna kulit, 3. Kehidupan pribadi Rasulullah, 4. Rasul penutup kenabian, 5. Mukjizat Rasulullah, 6. Jihad dalam ajaran Islam. 7. Masalah thaharah (kebersihan).

Kitab hadits yang dijadikan rujukan hanya kitab al-Bukhari saja, sementara kitab hadits yang lainnya ditinggalkan. Dalam mempelajari ajaran Islam jika hanya berdasarkan satu kitab hadits saja tentu saja tidak bisa diterima. Sebab untuk mendapatkan keakuratan sebuah hadits harus dikomparasikan dengan hadits-hadits lain yang senada untuk kemudian dinilai oleh al-Qur’an, apakah bertentangan atau tidak. Dari sisi ini saja sebetulnya pembahasan Dr. Robert Morey  tidak layak secara keilmuan. Oleh sebab itu sebelum melangkah lebih jauh dalam bab Hadits ini, ada baiknya kami ketengahkan sekilas tentang hadits.

NOTES

22. Robert Morey, hal 194.

Artikel Terkait :

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: