Aliey Faizal

'Isy Kariiman Aw Muth Syahiidan

Duaribu Lebih Prajurit AS Tewas di Afghanistan, Masih Mau Nambah?

Posted by Aliey Faizal pada 16 Juni 2012

Washington – Jumlah korban tewas prajurit AS dalam perang hampir 11 tahun di Afghanistan melampaui 2.000 orang. Korban terbaru adalah seorang kopral marinir dalam bentrokan dengan Taliban Rabu kemarin. Demikian diumumkan Pentagon, Kamis (14/6/2012).

Situs independen icasualties.org, yang mencatat laporan-laporan korban dari Operasi Kebebasan Abadi yang diluncurkan pada Oktober 2001, menyebut jumlah kematian AS 2.008, lapor AFP.

Dari jumlah 2.000 yang diumumkan Pentagon, 1.577 orang tewas dalam pertempuran dan 34 adalah wanita. Sekitar 16.402 prajurit juga cedera.

Lebih dari 150 prajurit AS tewas sejak awal tahun ini. Korban terakhir adalah kopral marinir yang tewas pada Rabu.

Pasukan AS mengalami kehilangan terbesar pada 2010, ketika 499 prajurit tewas. Pada 2011, prajurit AS yang tewas di Afghanistan mencapai 414.

Lebih dari 90.000 prajurit AS masih ditempatkan di Afghanistan, dan jumlah itu dijadwalkan berkurang menjadi 68.000 dalam beberapa bulan mendatang, sebagai bagian dari penarikan yang diperintahkan Presiden Barack Obama.

Pasukan AS berperang bersama sekitar 40.000 prajurit koalisi internasional di bawah komando NATO. Sedikitnya 1.039 prajurit NATO juga tewas di Afghanistan, termasuk 418 prajurit Inggris dan 87 Prancis.

Presiden Hamid Karzai dan negara-negara Barat pendukungnya telah sepakat bahwa semua pasukan tempur asing akan kembali ke negara mereka pada akhir 2014, namun Barat berjanji memberikan dukungan yang berlanjut setelah masa itu dalam bentuk dana dan pelatihan bagi pasukan keamanan Afghanistan.

Bom rakitan yang dikenal sebagai IED (peledak improvisasi) mengakibatkan 70-80 persen korban di pihak pasukan asing di Afghanistan, menurut militer.

 

Artikel Terkait :

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: