Aliey Faizal

'Isy Kariiman Aw Muth Syahiidan

Abu Abdullah Asy-Sharqi

Posted by Aliey Faizal pada 15 Juni 2012

ABU ABDULLAH ASH-SHARQI

Abu Abdullah ash-Sharqi, syahid di pegunungan Vlasic, Bosnia, pada hari Jumat pagi setelah malam Lailatul Qadr, tanggal 25 Ramadhan, 1995.

Ia mempunyai seorang saudara laki-laki yang syahid di Afghanistan. Abu Abdullah datang ke Bosnia pada tahun 1994. Ikut ambil bagian dalam operasi untuk merebut gunung tertinggi di Bosnia, pegunungan Vlasic, pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Selama sembilan jam ia berjalan bersama para mujahidin lainnya menempuh jalan yang ditutupi salju tebal dalam keadaan berpuasa. Para mujahidin menawarkannya makanan dan ia mengambilnya, hanya untuk dimasukkan ke dalam sakunya. Hal ini ia lakukan agar tidak ada yang mengetahui bahwa ia sebenarnya sedang berpuasa, karena ia kuatir Amir (komandan) akan menyuruhnya berbuka. Banyak mujahidin yang hadir pada malam itu meyakini bahwa malam itu adalah malam Lailatul Qadr.

Malam itu Abu Abdullah bermimpi melihat dirinya syahid akibat sebuah peluru di tenggorokannya setelah ia menewaskan dua tentara Serbia. Dalam operasi keesokan harinya, mujahidin memperoleh kemenangan dan berpikir semua bunker musuh telah direbut. Tiba-tiba mereka menemukan sebuah bunker musuh yang selama ini menembaki mereka. Saat mereka mendekati bunker tersebut, para mujahidin menemukan dua orang Serbia tergeletak mati di lantai.

Di samping mereka terbaring Abu-Abdullah ash-Sharqi, dalam keadaan syahid dengan satu buah peluru menembus tenggorokannya. Saat itu Abu Abdullah mengenakan sorban yang ia lilitkan pada lehernya. Rupanya peluru tersebut menembus sorban dan leher Abu Abdullah, dan membawa kain sorban di bagian depan hingga menembus leher Abu Abdullah, namun jenazah Abu Abdullah tidak berdarah sama sekali.

Abu Abdullah adalah satu-satunya mujahidin yang syahid dalam operasi tersebut. 

 

Artikel Terkait :

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: