Aliey Faizal

'Isy Kariiman Aw Muth Syahiidan

SATU SUMBER AJARAN

Posted by Aliey Faizal pada 12 Juni 2012

I. PENDAHULUAN
Jangan Berlebih-lebihan…!


SATU SUMBER AJARAN

Saat membaca buku Islamic Invasion karya Robert Morey, terbersit sesuatu yang unik tapi itulah kenyataan pergumulan tiga umat besar dari tiga rasul besar yang dibekali oleh Allah tiga kitab besar; semuanya dari SATU sumber yang MAHA BESAR. Ajaran yang bersumber dari SATU disikapi berbeda oleh masing-masing pengikutnya. Kakak pertama merasa paling unggul tidak mall menerima adik kedua, adik kedua membela diri, dan ketika datang adik ketiga mereka berdua segera menolak adik ketiga dengan caranya masing­masing. Sementara adik bungsu yang tak berdaya berusaha meluruskan tindakan “berlebih lebihan” dari kakaknya. Kenapa ketiga bersaudara memaksakan kehendak masing-masing, sementara masing-masing memiliki akal untuk menjalankan kehidupan pribadinya sendiri. Saat ini datang adik kedua untuk menyatakan bahwa adik ketiga bukan saudara mereka. Alasannya karena adik bungsu dianggap berbeda. Semua bukti dimanipulasi agar adik bungsu percaya. Haruskah nasehat menasehati dengan cara menghasut, memanipulasi, menuduhkan hal-hal yang tidak semestinya dilakukan. Jika ingin menasehati tidakkah akan lebih balk jika dengan hikmah dan alasan yang tepat, tanpa harus memaksakan kehendak. Adik bungsu yang bertanya-tanya mencoba meluruskan fakta-fakta yang didistorsi dan dimanipulasi.

Tauhid adalah tema sentral dalam al-Qur’an, hampir semua pembahasan selalu mengarah kepada tauhid-pengEsaan Allah­, baik masalah ibadah maupun masalah sosial. Masalah ini memang sangat crusial sebab tauhid-lah inti dari semua risalah yang dibawa oleh para nabi dan rasul sejak Nabi Adam As. hingga Nabi Muhammad Saw. Peran para rasul dalam mengemban amanat risalah tersebut akan kami bahas berikut ini. Untuk menyingkat bahasan maka kami memulainya dari Nabi Musa As kemudian Nabi Isa As. terakhir Nabi Muhammad Saw.

Tugas setiap Rasul yang dikirim oleh Allah kepada umat manusia, adalah menyeru kepada Tauhid atau meng Esakan Allah sebagai satu-satunya sesembahan. Tugas kedua adalah memperbaiki kondisi umatnya agar tidak terlena dengan kehidupan dunia hingga melupakan Penciptanya.

Artikel Terkait :

Iklan

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: