Aliey Faizal

'Isy Kariiman Aw Muth Syahiidan

Prof. DR. Din Syamsuddin. Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI)

Posted by Aliey Faizal pada 12 Juni 2012

SAMBUTAN

Prof. DR. Din Syamsuddin
Sekjen Majelis Ulama Indonesia (MUI)

 

Saya menyambut gembira terbitnya buku “ISLAM DIHUJAT” karangan Ibu Hj. Irena Handono, Masruchin Yusufi, dan Zainul Muttaqin, jawaban terhadap buku “The Islamic invasion” karya Robert Morey.
Tanggapan terhadap berbagai buku yang menghujat Islam, baik yang ditulis oleh para orientalis maupun penulis-penulis fundamentalis keagamaan, sangat penting dan perlu karena kalau buku-buku semacam itu dibiarkan beredar akan merusak citra Islam dan dapat mengganggu kerukunan hidup antar umat beragama.
Memang sudah lama sekali para orientalis sebagian dari mereka tidak dapat diingkari memiliki sentimen Islamophobia dan motif untuk mendiskriditkan Islam, menulis buku-buku yang isinya mengkritik Nabi Muhammad, wahyu al Qur’an dan Islam itu sendiri. Mereka mengajukan argumen-argumen artificial yang terkesan akademik, tapi tidak cukup kuat untuk meruntuhkan fakta Islam sebagai agama terakhir yang membawa kebenaran hakiki. Terbukti Islam dapat bertahan dan pemeluk Islam semakin bertambah termasuk di Eropa dan Australia.
Sebagai orientalis yang kebetulan juga missionaries itu, ada yang mendiskriditkan Islam secara berlebihan, seperti buku The Islamic Invasion karya Robert Morey yang berusaha menjungkir balikkan ajaran-ajaran Islam. Sayangnya buku itu diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan dijadikan sebagai referensi di kalangan kaum Kristiani. Hal ini tentu akan menyebabkan kesalahpahaman terhadap Islam dan bibit-bibit pertentangan antara umat Islam dan kaum Kristiani.

Dalam kaitan ini, terbitnya buku tanggapan sangat penting, apalagi dinilai oleh seorang kristolog yang pernah menjadi seorang biarawati. Tentu akan dapat menjelaskan hal yang sebenarnya, termasuk apa dan bagaimana persepsi negatif kaum Kristiani terhadap Islam.

Jelas buku ini sangat bermanfaat bagi umat Islam dan masyarakat luas yang ingin mengetahui Islam yang sebenarnya.

Jakarta, 7 Nopember 2003.

Artikel Terkait :


Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: