Aliey Faizal

'Isy Kariiman Aw Muth Syahiidan

PENGANTAR PENERBIT

Posted by Aliey Faizal pada 12 Juni 2012

Terlihat seorang wanita berjilbab, berlari-lari mengejar seorang ibu di depan sebuah Masjid, sambil tergopoh-gopoh ia menenteng sebuah buku. Tidak terlihat terlalu tebal, tapi cukup membuat wanita tadi seperti terpukul sambil menyodorkan kepada ibu tersebut, seraya berkata :

“Ibu, sebelum saya membaca buku ini, saya ingin Ibu dahulu yang membacanya, setelah selesai membaca tolong ibu yang menerangkan kepada saya: apa isi buku ini, kenapa barns saya yang menerima walau tertulisjelas untuk kalangan sendiri, padahal saya sudah bukan kalangan mereka lagi. Bagaimana saya harus menyikapi isi buku ini, apa pengaruh buku ini kepada saya yang baru memakai jilbab setelah dengan susah payah memantapkan akidah dalam Islam, dan bla …. bla …..bla” dengan nada semakin meninggi, dan wajah merah padam memendam kemarahan, kebingungan, dan kekecewaan.

Tampak sekali dari percakapan tadi, sang wanita mengalami kegundahan, keresahan, dan kekhawatiran yang amat dalam untuk ditumpahkan kepada sang Ibu tadi. Di lain sisi sang Ibu terlihat cukup arif untuk meredam segala luapan emosi tersebut.

Wanita tadi ternyata adalah seorang mu’allaf yang telah mendapatkan buku “The Islamic Invasion -Confronting the World’s Fastest Growing Relegion. Yang dikarang oleh Dr. Robert Morey, dalam edisi bahasa Indonesia. Ibu tadi adalah penulis sendiri yang telah mengisahkan kepada kami (penerbit) bagaimana buku polemik tersebut sampai ketangan beliau.

Fenomena diatas, menggugah hati penulis untuk menelusuri sampai sejauh mana buku ini beredar, ternyata memang hal ini adalah menjadi kajian hangat di dunia [nternasional. Bahasan pokok dari buku ini sudah terpampang di situs-situs internet, dan tanya jawab yang hangat di dunia maya.

Untuk mengantisipasi keresahan masyarakat Islam – khususnya mu’allaf- maka segeralah dibentuk tim untuk meluruskan hujatan-hujatan yang tidak berdasar dalam buku tersebut. Seperti Hadist Sahih Bukhari dipotong kemudian ditambah dengan kata-kata Dr. Morey sendiri; Pemikiran beberapa ilmuwan yang mempunyai otoritas dalam dunia keilmuan tentang studi timur tengah juga dipelintir. Beberapa hal yang sangat mendasar dalam agama; Tuhan, Nabi, Kitab Suci, Ajaran, semuanya diobok-obok dengan cara yang amat nista -berkedok ilmiah.

Dia (Muhammad) mengajar don mencontohkan kepada murid-muridnya untuk membunuh don merampok demi nama Allah, dan memaksa orang­orang masuk Islam” Demikianlah kalimaf yang tertulis dalam buku “The Islamic Invasion” karya Robert Morey.

Kalimat diatas adalah gambaran bagaimana beberapa kaum orientalis Barat melakukan kajian dan mempresentasikan Islam dan kaum Muslimin sesuai dengan kacamata mereka, dibarengi dengan kegiatan misionaris dalam rangka memperkokoh kedudukan imperialis dan penyebaran Kristen di kalangan bangsa Timur Muslim. Di pihak lain, kaum Muslimin mengalami stagnasi pemikiran dan disintegrasi politik yang sangat parah, bahkan semangat interdependensi seakan lenyap akibat pertikaian intern memperebutkan kepentingan masing­masing dan fenomena taqlid dalam pemikiran agama. Sehingga umat lemah sekali tanpa adanya filter yang berarti, untuk menentang pemikiran-pemikiran mereka.

Ironisnya kalimat diatas adalah identik sekali dengan apa yang diajarkan oleh Jesus kepada umat Kristiani dalam Bibel (lihat Ulangan 20 : 12 – 14, I Samuel 15 : 2-3). Maka fenomena pembantaian 300.000 umat Islam di Bosnia oleh umat Kristiani dapat kita lihat dalam ekspresi yang mengerikan. Para jama’ah ditembaki saat sedang salat di Masjid, wanita-wanita diperkosa, walaupun media tidak banyak bersuara mengenai hal ini.
Tetapi di kalangan orientalis Barat sendiri ada yangjujur dan sadar dalam memahami Islam dan Kaum Muslimin. Sehingga mereka dengan kejujuran dan kesadaran tersebut tampil sebagai pembela-pembela Islam yang tangguh. Kerapkali mereka juga sangat gemas dengan pandangan yang salah dan zalim dari kalangan orientalis Barat.
Buku ini menjawab beberapa hujatan terhadap Islam dan Kaum Muslimin dalam buku “The Islamic Invasion” karya Robert Morey, secara tuntas dengan cara menalar kembali pada sumber pokok Islam: al Quran dan Sunnah Nabi, dan membandingkannya dengan ajaran Bibel serta menyertakan komentar orientalis Barat lain yangjujur dan sadar dalam melihat Islam secara makro, dan lebih menarik lagi beberapa pemikiran kaum intelektual muslim terhadap masalah yang ada dalam buku tersebutjuga disertakan untuk’memperkuatjawaban.
Oleh karena itu, kami memandang bahwa buku ini perlu disebarluaskan, agar bisa dinikmati oleh para ikhwan dan akhwat sekalian. Selamat membaca.

penerbit

 

 

Artikel Terkait :

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: