Aliey Faizal

'Isy Kariiman Aw Muth Syahiidan

Kebohongan Injil Mathius 11 : Tanda Tentang Yunus

Posted by Aliey Faizal pada 11 Juni 2012

Matius memerintahkan para juru tulis dan kaum Farisi untuk mendekati Yesus, dan meminta satu tanda darinya, yang meneguhkan bahwa ia adalah Sang Juru Selamat. Kemudian Matius menempatkan ke dalam mulut Yesus kata2 yang kira2 berarti bahwa satu2nya tanda yang diberikan adalah tanda Yunus yang akan diungkapkan kemudian dalam dugaan penyaliban dan kebangkitan kembali Yesus. Sekalipun Matius tidak secara langsung mengutip dari Yunus, kiasan itu sangat jelas. Berikut petikan Matius:

12:39 Tetapi jawab-Nya kepada mereka: “Angkatan yang jahat dan tidak setia ini menuntut suatu tanda. Tetapi kepada mereka tidak akan diberikan tanda selain tanda nabi Yunus.
12:40 Sebab seperti Yunus tinggal di dalam perut ikan tiga hari tiga malam, demikian juga Anak Manusia akan tinggal di dalam rahim bumi tiga hari tiga malam.

Secara konteks, tidak ada distorsi yang dilibatkan dalam rujukan Matius kepada Yunus, sebagaimana kutipan
Kitab Yunus berikut ini:

1:17 Maka atas penentuan TUHAN datanglah seekor ikan besar yang menelan Yunus; dan Yunus tinggal di dalam perut ikan itu tiga hari tiga malam lamanya.

Namun demikian, sama sekali
tidak ada kemungkinan bahwa situasi kehidupan Nabi Yunus ini bisa secara akurat diterapkan kepada dugaan penyaliban dan kebangkitan kembali Yesus. Dengan mengasumsikan untuk sementara waktu bahwa dugaan penyaliban dan kebangkitan kembali Yesus benar2 terjadi, maka tampaklah bahwa Matius memiliki banyak persoalan yang patut diperhitungkan! Dalam hal ini, catatan Kristen tradisional mengenai penyaliban dan kebangkitan kembali Yesus diuraikan secara garis besar.

Tradisi Kristen meyakini bahwa Yesus disalib pada hari Jumat, dan bahwa tubuhnya dipindahkan dari tiang salib tepat sebelum matahari terbenam. Kemudian, ia langsung dikuburkan. Pada hari Minggu pagi, kebangkitan kembali itu telah digenapi.

Mengingat catatan tersebut, Yesus meninggal selama 1 hari 1 malam pada hari Sabtu dan 1 malam pada hari Minggu.** Ini akan menghasilkan setengah dari 3 hari 3 malam, yang berarti bertentangan langsung dengan pernyataan Matius bahwa “selama tiga hari tiga malam Anak Manusia itu akan tinggal di dalam rahim bumi”! Perlu dicatat di sini, bahwa Yunustinggal di dalam perut ikan selama 3 hari 3 malam adalah dalampengertian yang sebenarnya, yaitu selama 72 jam (perhatikan kata “lamanya” dalamYunus).Sebaliknya, Yesus tinggal di rahim bumi selama 1 hari 2 malam saja, atau sekitar 36 jam.

Satu persoalan lagi, bahwa pemenuhan nubuat Matius ini juga meleset untuk kedua kalinya, yaitu bahwa Yunus berada di dalam perut ikan dalam keadaan hidup, sementara Yesus berada di dalam rahim bumi dalam keadaanmati!

Keterangan:

**Orang2 Yahudi pada zaman Yesus mulai menghitung awal hari baru pada saat matahari terbenam. Dengan demikian, pada saat matahari terbenam di hari Jumat, berarti hari Sabtu dimulai.  

 

 

Artikel Terkait :

 


Iklan

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: