Aliey Faizal

'Isy Kariiman Aw Muth Syahiidan

Cara Mengajarkan Etika Kepada Anak Sesuai Usianya

Posted by Aliey Faizal pada 10 Juni 2012

Setiap orangtua mengidamkan buah hatinya mampu bersikap penuh etika saat bersosialisasi dengan lingkungan. Bekali pendidikan etika sejak dini karena tidak terlalu awal atau terlalu terlambat untuk ini.
Satu hal penting dipahami orangtua bahwa ketika mengajarkan atau mengoreksi etika anak, cobalah untuk tidak pernah mempermalukan mereka di depan umum. Berikut, delapan kiat mengajarkan etika pada anak, seperti dilansir Ehow:
1. Menjadi contoh yang baik. Tidak adil bila Anda mengharapkan kesopanan anak, jika Anda tidak menerapkan perilaku yang sama.
2. Ajarkan secara bertahap, karena pemahaman dan kemampuannya terus berkembang. Mungkin tidak akan ada gunanya meminta anak 2 tahun untuk berhenti mengunyah dengan mulut terbuka. Sebab, ia belum memiliki pemahaman dan koordinasi fisik untuk mematuhinya. Namun pada anak 4 atau 5 tahun, ia sudah memiliki kemampuan untuk memahami alasan di balik aturan tersebut.
3. Mulai menggunakan kata-kata dan ungkapan, seperti “tolong”, “terima kasih”, “permisi”, “maaf”,  sedini mungkin ketika berbicara di dekat anak Anda. Dorong mereka untuk melakukan hal yang sama.
4. Hati-hati memilih kata yang akan Anda ucapkan ketika berada di dekat si kecil. Mereka meniru cara orang dewasa berbicara.
5. Ajarkan pula dasar-dasar etika lainnya. Anak harus belajar bagaimana menunjukkan rasa hormat kepada orangtua, berperilaku tenang di tempat umum, dan tidak mengganggu orang lain dalam percakapan. Dia juga harus belajar untuk tidak bermain dengan barang-barang orang lain kecuali diizinkan.
6. Hindari untuk mengabaikan perilaku buruk atau menunggu untuk membicarakannya. Ingatkan atau buat sebuah aturan segera setelah anak berbuat keliru.
7. Memunculkan perilaku lagi secara pribadi sehingga Anda dapat mendiskusikannya lebih seksama dan pastikan si kecil mengerti bagaimana berperilaku di kemudian hari.
8. Pujilah anak Anda untuk perilakunya yang baik.

Silahkan Berkomentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: